-->

Kelemahan seorang wanita dalam agama

KELEMAHAN WANITA enarkah bahwa wanita itu lemah akal dan agamanya?. Dimana akal itu berasal dari kata
"Iqaal", artinya ikatan mengikat sesuatu hingga tidak bisa lagi bebas berğerak. Sedangkan fungsi akal itu sendiri adalah untuk memberikan pertimbangan, pendapat ataupun memilih sesuatu.

     Biasanya akal akan menjadi lemah dan kalah bila sudah menghadapi perasaan. Sedangkan wanita lebih kuat menggunakan perasaan dan emosi dibanding dengan laki- laki. Tetapi kalau laki-laki lebih banyak memakai akalnya daripada perasaannya. Maka dari itu wanita diberi tugas oleh Allah SWT untuk mengandung, menyusui, memelihara anak dan tugas-tugas yang lebih banyak membutuhkan perasaan.
    Adapun perasaan itu sendiri mempunyai nilai yang sangat tinggi, sangat mulia dan sangat diperlukan untuk mewujudkan kasih sayang. Sedangkan akal justru yang dapat mengalahkan perasaan dan kasih sayang.
Contohnya; Ada seorang bapak yang bersikap keras dalam mendidik anaknya, lalu didorong oleh perasaannya seorang ibu akan mencegah suaminya berbuat seperti itu. Dengan demikian, maka seorang anak akan membutuhkan kesempurnaan akal dari bapaknya dan memperoleh perasaan belas kasih dari ibunya.

     Namun kekurangan akal wanita dibanding laki-laki bukan berarti cela, tetapi justru kelebihannya itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri.
     Adapun yang dimaksud dengan kurang atau lemah agama bagi kaum wanita adalah karena Allah banyak memberikan kebebasan kepada wanita dariu kewajiban- kewajiban melaksanakan tugas-tugas agama, contohnya; seorang wanita diberi kebebasan oleh Allah tidak shalat dalam satu bulan sekali (haidl), nifas dan puasa, Selain itu, wanita juga tidak diwajibkan shalat Jum'at dan berjama'ah serta tidak diwajibkan berperang. Jadi, memang wanita lebih sedikit kewajibannya dibanding dengan laki-laki. Tetapi kekurangan-kekurangan itu bukan berarti membedakan pahala antara wanita dengan laki-laki. Sebab masing-masing orang akan mendapatkan pahala sesuai dengan tugas dan fungsinya. Sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah :

surat an-Nisa ayat 32.
"Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebagian kamu lebih banyak dari sebagian yang lain (karena) bagi orang laki-laki ada bagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah maha mengetahui segala sesuatu".

0 Response to "Kelemahan seorang wanita dalam agama "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel